POTENSI PEMANDANGAN ALAM OBJEK WISATA BARITO SELATAN

OBJEK WISATA INDAH DI BARITO SELATAN


Kabupaten Barito Selatan adalah sebuah kabupaten yang berada di tepian sungai Barito bagian selatan, Propinsi Kalimantan Tengah dengan luas wilayah 8.830 km². Sebagian besar wilayah merupakan dataran rendah dengan ketinggian tempat antara 0 – 40 meter di atas permukaan laut.

Kabupaten Barito Selatan kaya akan obyek wisata alam, budaya dan obyek wisata lainnya, beberapa obyek wisata yang telah mendapat pembinaan Pemerintah antara lain, Arena Dayung Danau Sadar, Taman Anggrek Alam Sanggu, kesenian/ budaya daerah dan olah raga tradisional. Di Barito Selatan juga terdapat ekosistem air hitam yang konon hanya ada dua (2) saja di seluruh dunia, kawasan ini sangat cocok untuk studi / penelitian dan obyek wisata, serta berbagai jenis anggrek juga tumbuh subur seperti : Anggrek hitam, Coklat, Bintang, Bulan, Mata kucing, Tebu, Pensil dan lain-lain. Diharapkan dengan potensi yang ada dari kelima (5) sector unggulan di atas, dengan luas wilayah dan peluang yang masih sangat terbuka, dapat menopang perekonomian Kabupaten Barito Selatan kedepan, dengan cara mengundang dan memberikan berbagai kemudahan sejak dari proses perijinan dan kemudahan-kemudahan lainnya kepada pihak- Pihak yang berminat untuk menanamkan investasinya di bumi “Dahani DahanaiTuntung Tulus”.

Saat ini, objek wisata di Barito Selatan masih kurang maksimal dalam hal pengembangan maupun promosi nya.

Beberapa daerah atau objek wisata di Barito Selatan antara lain :

1. Keindahan Anggrek di Desa Wisata Sanggu
Anggrek Hitam Liar
Anggrek hitam liar adalah spesies anggrek yang dilindungi di Indonesia. Meskipun begitu anggrek ini masih ditemukan tumbuh liar di habitat aslinya di hutan desa Sanggu, kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah. Karena tergolong langka maka anggrek hitam yang bahasa Latinnya Coelogyne Pandurata ini dikumpulkan oleh Kelompok Anggrek Desa Sanggu dan masyarakat desa Sanggu pada umumnya untuk diperdagangkan di sekitar obyek wisata Danau Sanggu.

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) sebagaimana namanya mempunyai ciri khas pada bunganya yang memiliki lidah (labellum) berwarna hitam. Anggrek langka ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai “Black Orchid”. Sedangkan di Kalimantan Timur anggrek hitam yang langka ini mempunyai nama lokal “Kersik Luai”. Meskipun Anggrek hitam identik dengan Kalimantan tetapi jenis anggrek ini juga tumbuh liar di Sumatera, Semenanjung Malaya dan Mindanao, Pulau Luzon dan Pulau Samar Filipina.

2. Objek Wisata Kerbau Rawa
Wisata Kerbau Rawa
Sebuah kawasan padang penggembalaan lahan rawa alam dan sekaligus tempat berkembang biaknya secara alami Kerbau Rawa di wilayah Kecamatan Jenamas, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), akan dikembangkan menjadi objek wisata andalan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora)-Hardin F. Nusan kepada Wartawan baru-baru ini di Buntok mengatakan bahwa lahan rawa tempat berkembang biaknya Kerbau Rawa di sekitar Janamas itu merupakan objek langka dan satu-satunya di wilayah Kalteng. Kerbau Rawa dengan populasi 5.000 sampai 10.000 ekor juga merupakan produk unggulan Barsel, selain Rotan, Karet dan Nanas Parigi.

3. Objek Wisata Gua Liang Lempang
Gua Liang Lempang
Terletak di desa Palurejo, Kecamatan Gunung Bintang Awai, dimana Kecamatan Gunung Bintang Awai memiliki luas wilayah 193,3 Km².

Di objek wisata Liang Lempang terdapat beberapa gua alam dan dikelilingi hutan, dataran tinggi, dan sungai. Panorama di dalam gua sangat unik, alami, dan indah karena terdiri atas jajaran batu alam yang membeku dan berlekuk - lekuk serta terjal.

Perjalanan di dalam goa ini sangat sulit, cukup berbahaya, dan menantang adrenalin kita untuk menjelajahi setiap lekuk dan sudut goa yang gelap dan penuh misteri. Tetapi di sisi lain Goa juga memaparkan pemandangan hutan dan tebing batu tinggi yang cocok dikembangkan sebagai lokasi Panjat Tebing.

Bagi anda yang ingin datang kesini, Desa Palurejo sendiri bisa diakses dengan menggunakan mobil atau motor. Jika melalui jalan raya Ampah - Muara Teweh jaraknya adalah 75 Km dari Buntok, sedangkan melalui jalan perusahaan Multi Tambang Utama (MTU) hanya memakan waktu 1,5 jam / 45 Km dari Buntok. Sedangkan jarak dari desa keliang lemang sendiri sekitar 2 km.

4. Objek Wisata Desa Sanggu
Wisata Desa Sanggu
Terletak di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Desa yang menyimpan cerita legenda misteri oleh warga masyarakat sekitar disebut "Kumbang Bernaung" tersebut terdapat Danau Malawen yang menjadi andalan pemandangan objek wisatanya. Di lokasi wisata itu telah dibangun oleh pemkab Barsel tempat bersantai bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan Danau Malawen. Di kawasan tersebut juga telah disiapkan sepeda air, jukung (perahu air tradisional) bagi para pengunjung yang ingin berwisata menyusuri Danau Malawen.